Popular Posts--------------------------------------

Kendo

Posted by Unknown
On Mei 07, 2013
Japanese Sword Martial Art


Kendo ( kendo?), Yang berarti "Jalan Pedang," adalah seni bela diri Jepang / olahraga modern, yang diturunkan dari ilmu pedang tradisional (kenjutsu) dan menggunakan pedang bambu (Shinai), dan baju besi pelindung. Sekarang, secara luas dipraktekkan di Jepang dan banyak negara lain di seluruh dunia.
Kendo adalah kegiatan fisik dan mental menantang yang menggabungkan praktik seni bela diri dan nilai-nilai dengan olahraga-seperti aktivitas fisik yang berat.
                   Takasugi Shinsaku 

Seorang ahli pedang di Jepang mendirikan sekolah kenjutsu (nenek moyang kendo) yang berlangsung selama berabad-abad dan yang membentuk dasar dari kendo praktek sekarang.
Latihan kendo resmi dikenal sebagai kata dikembangkan beberapa abad lalu sebagai kenjutsu praktek bagi prajurit dan masih dipelajari hari ini, meskipun dalam bentuk yang dimodifikasi.
Pengenalan bambu praktik pedang (shinai) dan baju besi (bogu) pelatihan pedang tersebut diberikan untuk Naganuma Shirōzaemon Kunisato selama Era Shotoku (1711-1715). Naganuma mengembangkan penggunaan bogu dan mendirikan sebuah metode pelatihan menggunakan shinai. 
Selain itu, tulisan pada batu nisan dari Yamada Heizaemon Mitsunori ini (Ippūsai) 

Ketiga anak Naganuma Shirōzaemon Kunisato (长 沼 四郎 左卫 门 国 郷, 1688 -? 1767), yang kepala-8 Kashima Shinden Jikishinkage-ryu Kenjutsu, menyatakan bahwa eksploitasi termasuk meningkatkan bokuto dan shinai, dan menyempurnakan baju besi dengan menambahkan logam grill dengan laki-laki (potongan kepala) dan penutup kapas tebal protektif terhadap kote (sarung tangan). Kunisato mewarisi tradisi dari Heizaemon ayahnya pada tahun 1708, dan mereka berdua bekerja keras bersama-sama untuk  bogu sampai kematian Heizaemon ini.

Dai Nippon Butoku Kai (DNBK) didirikan pada tahun 1895 untuk memperkuat, mempromosikan cita-cita "bushido" dan melestarikan sistem tradisional "Bujutsu". DNBK The mengubah nama dari bentuk olahraga dari ilmu pedang, yang disebut gekiken,kendo pada tahun 1920.

Kendo (bersama dengan seni bela diri lain) dilarang di Jepang pada tahun 1946 oleh kekuatan pendudukan. Ini adalah bagian dari "penghapusan dan pengucilan dari kehidupan publik orang nasionalisme militeristik dan ultra" dalam menanggapi militerisasi perang seni bela diri instruksi di Jepang. Kendo diizinkan untuk kembali ke kurikulum tahun 1950 (pertama sebagai "shinai kompetisi" Dan kemudian sebagai kendo dari tahun 1952).

The All Japan Kendo Federation (AJKF atau ZNKR) didirikan pada tahun 1952, segera setelah restorasi kemerdekaan Jepang dan lift berikutnya dari larangan seni bela diri di Jepang. Itu dibentuk pada prinsip kendo bukan sebagai bela diri tetapi sebagai olah raga pendidikan, dan itu telah terus harus dipraktekkan sampai hari ini.

The International Kendo Federasi (FIK) didirikan pada bulan April 1970, itu adalah sebuah federasi internasional nasional dan regional kendo federasi dan dunia yang mengatur tubuh untuk kendo. FIK adalah sebuah organisasi non-pemerintah, dan tujuannya adalah untuk mempromosikan dan mempopulerkan kendo, iaido dan Jodo.


Kendo parts

Bogu
Bogu
SHINAI



Pedang yang dipakai dalam Kendo terbuat dari empat belahan bambu yang disatukan dengan satu ikatan yang disebut SAKIGAWA, NAKAYUI dan STUKA, yang diperkuat oleh tali yang disebut HIMO. Panjang Shinai maksimal 118 cm dengan berat 468 gr.


KEIKO-GI 

Baju Kendo terbuat dari katun berwarna hitam, biru tua atau putih. Keiko-Gi harus longgar dan bebas agar memudahkan bergerak, terutama pada bagian bahu.

HAKAMA


Hakama ini terbuat dari kain dengan bahan katun, berfungsi sebagai celana. Hakama merupakan pakain tradisional Jepang yang di dalamnya terdapat beberapa lipatan yang mempunyai arti religius bagi orang Jepang.
Dua lipatan di belakang menurut mitos Jepang berarti penggabungan Jepang pada zaman dulu, yaitu diselamatkannya Dewa Perang (TAKE-MIKAZUCHI-NO-KAMI) oleh Dewa Matahari (FUTSU-NUSHI-NO-KAMI). KOSHI-ITA diantara kedua lipatan menggambarkan Dewa Matahari AMATERASU-OMIKAMI. Ini sesungguhnya adalah penggambaran suatu konsep WA (keselarasan dan kerukunan).
Lima lipatan di sisi bagian depan Hakama menggambarkan lima prinsip, dimana satu bagian merupakan pemersatu. Bagian – bagian ini mempunyai arti : JIN (kasih sayang), GI (kebajikan/kebenaran), REI (kesopanan), CHI (kearipan/bijaksana), dan SHIN (ketulusan/ kesungguhan hati).

TARE

Pelindung pinggang yang dipasang setelah menggunakan Hakama. Tare mempunyai tali yang lebar dan dililitkan pada pinggang dengan simpul akhir dibawah lidah Tare paling tengah. Dan Tare dipakai sambil duduk

DO

Pada mulanya Do dibuat dari bambu yang keras yang disusun mengarah ke atas, kemudian ditutup dengan kulit yang tebal dan kuat. Do berfungsi sebagai pelindung dada dan pinggang pe-Kendo


MEN


Kedok/penutup muka yang disebut Men ini terbuat dari besi baja anti karat yang kuat. Sekelilingnya dilapisi kulit dan kain. Bagian dalam Men dilapisi kain tebal dan halus sebagai ganjal. Sisi luar Men dikelilingi kain tebal dan keras sebagai pelindung kepala bagian samping kiri, kanan dan atas. Men berada di kepala dengan diperkuat oleh dua buah tali pengikat (MEN-HIMO).


KOTE


Sarung tangan atau Kote berfungsi sebagai pelindung tangan dari mulai ujung jari sampai bagian tangan di bawah sikut. Kote ini terbuat dari kulit yang berisi kain, sehingga dapat meredam pukulan keras yang mengenai tangan. Namun demikian, Kote harus terasa lunak sehingga jari-jari dapat bergerak.


Related Post

 

0 komentar:

Posting Komentar