Popular Posts--------------------------------------

Japanese Mytology

Posted by Unknown
On Mei 07, 2013


Yōkai (妖怪?, Hantu, hantu, penampakan aneh) adalah kelas monster supernatural dalam cerita rakyat Jepang. Kata yōkai terdiri dari kanji untuk "misterius" dan "aneh". [Rujukan?] Yōkai rentang eklektik dari jahat untuk nakal, atau kadang-kadang membawa keberuntungan bagi mereka yang bertemu dengan mereka. Seringkali mereka memiliki fitur hewan (seperti Kappa, yang mirip dengan kura-kura, atau Tengu yang memiliki sayap), lain kali mereka dapat muncul sebagian besar manusia, beberapa terlihat seperti benda mati dan lain-lain tidak memiliki bentuk yang jelas. Yōkai biasanya memiliki kesaktian spiritual, dengan berubah bentuk menjadi salah satu yang paling umum. Yōkai yang memiliki kemampuan untuk berubah disebut Obake.

Folklorists Jepang dan sejarawan menggunakan yōkai sebagai "fenomena supranatural atau bertanggung jawab terhadap informan mereka". Pada periode Edo, banyak seniman, seperti Toriyama Sekien, menciptakan yōkai terinspirasi oleh cerita rakyat atau ide-ide mereka sendiri, dan di masa sekarang, beberapa yōkai yang dibuat oleh mereka (misalnya Kameosa dan Amikiri, lihat di bawah) yang salah dianggap sebagai asal legendaris .

Jenis

Ada berbagai macam yōkai dalam cerita rakyat Jepang. Secara umum, yōkai adalah istilah yang luas, dan dapat digunakan untuk mencakup hampir semua monster dan makhluk gaib, bahkan termasuk makhluk dari cerita rakyat Eropa pada kesempatan (misalnya, momok Inggris sering dimasukkan dalam cerita rakyat Jepang ke titik bahwa beberapa orang secara keliru percaya berasal dari kata cerita rakyat).

Hewan


Ukiyo-e cetak yōkai, oleh Kawanabe Kyosai
Banyak hewan Jepang adat dianggap memiliki kualitas magis. Sebagian besar adalah henge ( ?), Yang merupakan pengubah bentuk (o-panggang, panggang-mono [2]) yang sering muncul dalam bentuk manusia, sebagian besar perempuan. Beberapa lebih dikenal yōkai hewan meliputi:
Tanuki (anjing rakun)
Kitsune (rubah)
Hebi (ular)
Mujina (luak)
Okami (serigala)
Bakeneko (kucing)
Tsuchigumo dan jorōgumo (laba-laba)
Inugami (anjing)



Oni

Salah satu aspek yang paling terkenal dari cerita rakyat Jepang adalah oni, yang merupakan semacam gunung yang tinggal ogre, biasanya digambarkan dengan warna merah, biru, coklat atau kulit hitam, dua tanduk di atas kepalanya, mulut yang lebar penuh dengan taring, dan memakai apa pun kecuali cawat Tigerskin. Hal ini sering membawa sebuah kanabo besi atau pedang raksasa. Oni kebanyakan digambarkan sebagai jahat, tapi kadang-kadang dapat menjadi perwujudan dari kekuatan alam ambivalen. Mereka adalah, seperti banyak Obake, terkait dengan arah timur laut.




Tengu

Goblin dari mitologi Jepang yang memiliki beberapa kekuatan supranatural dan keterampilan dalam seni bela diri, Tengu awalnya setan dan musuh Buddhisme sangat berbahaya, tetapi selama berabad-abad, perilaku mereka berubah dari roh terkutuk pembela aktif Dharma.
tsukumogami




Tsukumogami 


adalah seluruh kelas yōkai dan Obake, yang terdiri dari barang-barang rumah tangga biasa yang telah datang untuk hidup pada ulang tahun seperseratus dari ulang tahun mereka. Klasifikasi hampir tak terbatas termasuk:
Bakezōri (jerami sandal)
Biwa-bokuboku (kecapi)
Burabura (lentera kertas)
Karakasa (payung tua)
Kameosa (stoples demi tua)
Morinji-no-kama (ceret teh)
Mokumokuren (layar kertas dengan mata)

Ada sejumlah besar yōkai yang awalnya manusia biasa, berubah menjadi sesuatu yang mengerikan dan aneh biasanya selama keadaan yang sangat emosional. Wanita yang menderita cemburu intens, misalnya, dianggap berubah menjadi oni perempuan yang diwakili oleh topeng Hannya [3] Contoh lain dari transformasi manusia atau humanoid yōkai adalah:.


Rokuro-kubi (manusia mampu memanjang leher mereka pada malam hari)
Ohaguro-bettari (tokoh, biasanya perempuan, yang ternyata untuk mengungkapkan wajah dengan hanya mulut menghitam)


Futakuchi-onna (seorang wanita dengan mulut rakus ekstra di bagian belakang kepalanya)
Dorotabō (mayat bangkit seorang petani, yang menghantui tanah disalahgunakan nya)

Sumber :wikipedia


Related Post

 

0 komentar:

Posting Komentar