Popular Posts--------------------------------------

Lingkungan sekolah di Jepang

Posted by Unknown
On Mei 07, 2013
Gedung Sekolah
















Di lingkungan sekolah di Jepang pada umumnya sangat luas dan memliki fasilitas lengkap,dari gedung dan lapangannya.Pada pintu utama di dalamnya terdapat banyak loker,loker-loker tersebut digunakan sebagai tempat menyimpan sepatu uwabaki.

























sepatu uwabaki yang terdapat pada loker merupakan pemberian dari sekolah 























Beginilah koridor di Jepang

ciri khas dari koridor di sekolah Jepang bahwa koridor terletak di dalam bangunan yang kanan dan kirinya adalah ruangan,umunya di kanan adalah ruangan dan di kiri adalah lapangan atau sebaliknya.Dibuat begitu karena di Jepang memiliki 4 musim sehinnga dengan adanya koridor dalam seperti itu siswa tidak terpengaruh oleh cuaca terutama musim dingin.










Ruangan Kelas 












Di dalam kelas di Jepang pada umumnya siswa pada suatu ruangan hanya berisikan 20-30 orang siswa saja sehingga pembelajaran menjadi efektif.Dengan sedikitnya jumlah siswa per kelasnya,maka jumlah angkatannya pun menjadi lebih banyak,bisa mencapai 10 kelas dalam satu angkatannya.




Di awal tahun ajaran baru, biasanya diadakan upacara yang diikuti oleh seluruh siswa di sekolah terutama siswa kelas 1 yang baru saja diterima di sekolah tersebut yang disebut nyuugaku shiki
atau Upacara Penerimaan Siswa Baru. Upacara ini dilakukan tidak di lapangan melainkan di dalam ruangan aula yang dapat menampung seluruh siswa dan guru. Biasanya, siswa dengan nilai tertinggi di ujian masuk akan diminta mewakili teman-temannya untuk berpidato di depan podium. Upacara di Jepang tidak terlalu sering dilakukan, umumnya hanya ketika awal tahun ajaran baru, hari penting, dan kelulusan.




Selain itu, seperti layaknya sekolah di sini, di Jepang juga pastinya ada tempat untuk berolahraga. Hanya saja bedanya Jepang lebih memadai daripada Indonesia. Di sekolah Jepang terdapat ruangan khusus sebagai ruang olahraga di mana ruangan tersebut dipakai untuk olahraga semacam basket atau senam lantai sedangkan jika olahraganya berupa atletik seperti berlari atau sepak bola akan dilakukan secara outdoor di lapangan luar gedung.









Olahraga di sekolah Jepang tidak hanya terbatas pada olahraga darat tetapi juga ada pelajaran renang yang cukup rutin dilakukan. Pada umumnya, sekolah di Jepang memiliki fasilitas kolam renang sendiri di dalam lingkungan sekolah, tetapi ada juga yang belum memilikinya walaupun sebagian besar sudah memilikinya. Selain itu, renang juga menjadi salah satu ekstrakurikuler yang digemari dan memiliki banyak peminat di sekolah-sekolah dan sering juga sekolah-sekolah di Jepang mengikuti lomba-lomba dalam bidang renang.











  







Fasilitas penting lain dari sebuah sekolah adalah perpustakaan. Keberadaan perpustakaan sangatlah diperlukan dalam proses pendidikan. Nah, yang menarik dari sekolah Jepang adalah besarnya ruangan perpustakaan tersebut padahal perpustakaan itu hanya untuk sebuah sekolah. Perpustakaan sekolah di Jepang dilengkapi dengan rak-rak buku besar yang berjejer rapi yang pada umumnya membentuk barikade. Buku-buku yang ada tersusun secara rapi sesuai abjad dan kategori buku. Para siswa yang ingin berada di perpustakaan pun bisa menikmati fasillitas yang ada dengan santai dan tenang karena peraturan yang ada di sana akan selalu dijunjung tinggi oleh mereka sendiri sehingga jika ada yang berisik di dalam perpustakaan makanya petugas akan menegur dan orang yang membuat keributan akan segera menyadari kesalahannya.


















sumber: yunipananda.blogspot.com

Related Post

 

0 komentar:

Posting Komentar